Hazhu Muthoharoh: Pembicaraan tentang seks dan kesetaraan gender disambut antusias oleh peserta

Dua Buku tentang Perempuan Dibedah
Jumat, 19 Oktober 2012 19:00:32 Dua Buku tentang Perempuan Dibedah
Reporter: Hazhu Muthoharoh


http://blokbojonegoro.com/read/article/20121019/dua-buku-tentang-perempuan-dibedah.html

blokBojonegoro.com - Dua buku karya Prawoto R. Sujadi dan Yonathan Rahardjo dibedah di Sanggar Guna, Bojonegoro Sabtu (19/10/2012). Dua buku ini sama-sama mengambil tema perempuan.

Dua Buku tersebut adalah kumpulan cerita pendek  "13 perempuan" karya Yonathan Rahardjo dan kumpulan puisi "Margendhut Sayang" karya Prawoto R. Sujadi. Sebagai pembanding adalah Maria Dorotea, dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

"Indonesia butuh male feminism atau lelaki yang mengerti tentang wanita dan menghormati wanita," kata Dorotea yang akrab disapa Tea tersebut.

Tea dalam diskusi yang diikuti puluhan peserta dari para siswa maupun mahasiswa di Bojonegoro ini menuturkan betapa pentingnya sastra yang mengangkat tema perempuan. "Perempuan dan laki-laki memiliki ruang yang sama," katanya.

Pembicaraan tentang seks dan kesetaraan gender disambut antusias oleh peserta. Salah satu peserta, Didik menanyakan tentang status waria dalam hal persetaraan gender. "Kalau posisi waria itu bagaimana," katanya. Ada juga peserta yang bertanya "Kan di Islam itu laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan?".

Menangapi pertanyaan itu, Yonathan menuturkan dalam setiap agama sebenarnya sangat menghormati posisi perempuan. Sedang tentang waria, memang menjadi kajian tersendiri. "Suatu saat perlu kita membuat kajian waria yang didasarkan pada novel saya lainnya yakni Taman Api," katanya. [zhu/ang]

No comments:

Post a Comment